Tentang Bucket Wheel Excavator

wheel bucket excavator

Bucket Wheel Excavator

 

Bucket Wheel Excavator

 

dutasaranarental.com РApa yang kalian ketahui tentang Bucket Wheel Excavator ? Bucket Wheel Excavator ini adalah sebuah alat gali yang berkesinambungan atau terus menerus (Countinous Digging Machine). Alat ini digunakan di penambangan terbuka. Fungsinya yaitu sebagai mesin pengeruk atau penggali dengan skala yang besar dan kontinu. Penggaliannya dilakukan oleh sebuah boom yang dimana pada ujung alat tersebut terdapat roda besar yang disekelilingnya dipasang mangkuk-mangkuk. Boom sekaligus mangkuk-mangkuk yang disekelilingnya berputar pada rodanya ditekan ke arah material yang digali, setelah mangkuk mangkuk tersebut terisi penuh selanjutnya ditumpahkan dengan cara yang khas ke belt conveyor yang sudah terpasang sebagai alat angkut. Dari belt conveyor akan dibawa ke stockpile.

Bucket Wheel Excavator ini bekerja menggali secara terus menerus tanpa terputus. Bucket yang terus menerus berputar akan memberikan tingkat penggalian secara maksimal plus tidak diperlukan lagi alat angkut tambahan, dikarenakan mineral yang digali langsung diangkut oleh belt conveyor tersebut.
Hal imi jelas sangat menguntungkan karena akan memberikan tingkat produksi yang tinggi dan penghematan biaya pembelian alat tambahan. Akan tetapi bukan berarti tidak ada kelemahan dari alat ini, kelemahan dari Bucket Wheel Excavator terutama disebabkan oleh harga alat yang sangat tinggi (capital cost jadi selangit) serta karakteristik dari  Bucket Wheel Excavator yang hanya cocok digunakan di tanah yang relatif lunak.
Salah satu negara yang paling banyak menggunakan Bucket Wheel Excavator ini pada pertambangannya, dan di jerman pulalah Bucket Wheel Excavator terbesar didunia dibuat dan dioperasikan. Bucket Wheel Excavator terbesar ini dibuat dengan biaya sekitar US$100 juta, membutuhkan 5 tahun pengerjaan serta memerlukan 5 orang untuk mengoperasikannya. Berat alat mencapai 12.000 ton dengan kapasitas produksi 220.000 ton perhari. Maka tercatatlah alat raksasa ini di Guinnes Book of Records (2001-2006) sebagai alat bergerak terbesar di dunia.