Skid Steer loader

Skid Steer Loader

Mengenal Skid Steel Loader

Skid Steer loader

 

dutasaranarental.com- Skid loader atau bisa disebut juga skid steer loader adalah sebuah alat loader dengan frame body kecil yang kaku dan kuat, mesin ini memiliki tenaga lift arm (tangan angkat) yang diugunakan untuk memasang berbagai peralatan dan tambahan lainnya. Skid Steer Loader ini merupakan alat berat yang bentuknya lebih compact dan multi fungsi. Di negara- negara Eropa industry yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan, pertambangan, tekstil dan lain-lain pada umumnya menggunakan Skid Steer Loader.

Skid loader atau Skeed Steer Loader ini memiliki frame body kecil kaku dan juga kuat, mesin ini bertenaga Lift Arm atau lengan angkat yang fungsinya digunakan untuk memasang berbagai peralatan dan tambahan lainnya. Meskipun biasanya dilengkapi dengan track, akan tetapi pada umumnya Skeed Steer Loader ini bermesin dengan penggerak roda 4 WD (four Wheel Drive) dengan sisi roda sebelah kiri yang dapat digerakkan secara independen dari roda sisi kanan. Mekanisme kemudi lurus dan tetap pada tubuh mesin dan roda mengadakan keselarasan dengan memutar pasang roda kiri dan kanan pada kecepatam yang berbeda, mesin berubah dengan menyeret roda tetap di tanah. Frame yang sangat kaku dan frame bantalan roda yang kuat dalam mencegah kekuatan torsi yang disebabkan oleh gerakan menyeret. Kemudi kendaraan dihidupkan dengan menghasilkan diferensial kecepatan di sisi berlawanan dari kendaraan.

Skid Loader ini dapat berputar balik dalam radius nol, hal ini membuat mereka dapat bermanuver secara ekstrim dan sangat berguna untuk mengaplikasikan loader yang kompak dan juga tangkas. Lain dengan loader konvensional, lengan angkat pada mesin ini berada disamping pengemudi (driver) dengan titik pivot dibelakang bahu pengemudi, karena dekatnya jarak operator dengan boom yang bergerak, skeed steer loader sebelumnya tidak seaman loader konvensional untuk dioperasikan, terutama saat masuk dan keluar dari cabin (ruang operator). Pada Skeed Steer Loader modern telah dilengkapi dengan cabin yang tertutup rapat juga dilengkapi dengan fitur lainnya yang berguna untuk melindungi operator. Seperti loader lainnya yang digunakan untuk mendorong material dari satu lokasi ke lokasi lainnya, mengangkat material dengan bucketnya ataupun memuat meterial ke dalam truk atau trailer.