Perhatikan Hal-Hal Berikut ini sebelum Membeli atau Menyewa Hand Pallet/Hand Stacker

tips membeli unit alat berat

Beberapa Tips sebelum Anda Membeli atau Menyewa Hand Pallet/Hand Stacker

 

Hand Pallet Hand Stacker

dutasaranarental.com– Tentunya kalian tahu apa itu hand pallet yang belum tahu maka kita jelaskan hand pallet ini merupakan alat angkut yang menggunakan untuk memindahkan barang yang berkapasitas besar dengan cara meletakkan barang di atas pallet, kemudian pallet tersebut diangkut dengan handpallet sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga dan tentunya akan mempermudah kerja operator. Hand Pallet ini memiliki kapasitas beragam mulai dari 0,5 ton – 3 ton.

Pengggunaan alat angkut Hand Pallet ini biasanya digunakan dalam area pabrik, pergudangan serta biasanya digunakan di area pertokoan. Sebelum kita memustuskan untuk menyewa maupun membeli hand pallet atau juga hand Stacker ini kita harus bena-benar teliti dalam memilihnya. Karena Hand Stacker dan Hand Pallet ini ada begitu banyak merek sehingga membingungkan kita dalam memilih yang tepat. Berikut ini merupakan beberapa poin dalam membantu anda untuk mempertimbangkan jenis peralatan sesuai dengan yang anda butuhkan.

  • Perhatikan Kapasitas yang akan diangkut

Kapasitas pada hand stacker dan hand pallet ini menentukan jumlah beban yang mampu diangkat. Keterangan kapasitas berat tersebut ditemukan pada pelat data unit bersama dengan informasi penting lainya. Semakin tinggi beban yang diangkat maka kapasitas barang yang diangkat harus semakin berkurang. Maka dari itu sebelum memutuskan membeli atau menyewa hand stacker dan hand pallet ini anda harus memastikan terlebih dahulu  beban dan ukuran yang akan di angkat. Setiap dealer yang baik dapat membantu Anda untuk memilih jenis yang cocok. Kisaran kapasitas paling sering digunakan dari 1 Ton – 5 Ton. Untuk harga semakin besar berat yang diangkat maka semakin mahal. Pentingnya mempertimbangkan akan hal tersebut selain dapat mempercepat pekerjaan tetapi juga dapat melakukan pekerjaan dengan aman. Apabila alat angkat dengan kapasitas terlalu kecil maka menyebabkan kerusakan pada barang yang diangkat dan dapat berpotensi menyebabkan kecelakaan bagi operator dan orang di sekitar.

  • Perhatikan Tinggi Angkat Barang

Selain kita memperhatikan berat kita juga perlu mengetahui berapa tinggi yang akan diangkat. Pengukuran ini penting jika pekerjaan dilakukan di dalam ruangan (indoor) yang memiliki pintu atau langit-langit rendah atau dalam truk yang memuat. Semakin tinggi barang yang diangkat, berat barang harus semakin kecil dari ukuran kapasitas barang yang mampu diangkut.

  • Perhatikan Luas Area

Memperhatikanluas area/jalan juga sangat penting dalam memilih hand pallet. Perkirakan juga luas yang akan dilalui oleh hand pallet karena hal ini berpengaruh terhadap pemilihan lebar garpu dari hand pallet.

  • Menyesuaikan Tenaga Penggerak yang digunakan

Tenaga penggerak dari hand pallet atau stacker ini ada dua yang pertama digerakkan secara manual (tenaga manusia) dan yang kedua yaitu dengan tenga listrik/aki (battery recharge). Kita harus menentukan tenaga penggerak yang mana yang harus dipilih. Perlu diketahui yang jadi pertimbangan alat yang bertenaga listrik umumnya lebih mahal, dan batreinya membutuhkan charger khusus dan perawatan serta pemeliharaan khusus. Akan tetapi hand pallet elektrik ini juga memiliki keunggulan yaitu lebih efisien dari segi waktu dan tenaga serta mampu mengangkat pallet sampai di ketinggian 5,8 meter. Sedangkan hand pallet manual harganya lebih murah dibandingkan dengan hand pallet elektrik, tentu efesiensi waktu yang digunakan juga berbeda mungkin secara manual lenih membutuhkan waktu yang lama.

  • Memilih roda yang sesuai

Selanjutnya yaitu kita harus memilih jenis roda yang sesuai dengan lokasi dimana hand pallet tersebut akan digunakan. Hand pallet ini memiliki dua jenis roda diantaranya yaitu berbahan Nylon dan roda berbahan Polyurethane. Perbedaannya yaitu roda berbahan Nylon lebih cocok digunakan di outdoor karena roda ini lebih keras sehingga lebih awet digunakan di luar ruangan. Sedangkan roda berbahan Polyurethane lebih cocok digunakan dalam ruangan dan berlantai keramik atau sejenisnya, karena bahannya tidak sekeras roda berbahan Nylon sehingga tidak akan merusak lantai dan mempermudah pergerakan hand pallet.

  • Pastikan Jaminan/Garansi

Usahakan memilih hand pallet yang memiliki jaminan 3 tahun, ketersediaan sparepart, dan ketersediaan teknisi yang handal sehingga anda tidak perlu kuatir jika terjadi masalah pada handpallet Anda. Terutama jika Anda membeli hand pallet electric karna akan memerlukan perawatan serta pemeliharaan khusus. Perlu ada jaminan after sales yang baik dari perusahaan yang menjual hand pallet tersebut.