Perawatan Rutin Terhadap Hand Stacker

perawatan hand stacker

Beberapa Tips dalam Melakukan Perawatan Hand Stacker

 

Hand Stacker

 

dutasaranarental.com- Dalam pencegahaan kerusakan pada forklift, alat berat, maupun hand stacker haruslah melakukan pengecekan secara rutin terhadap alat-alat tersebut. Dengan pengecekan dan perawatan merupakan salah satu hal bagian dari memperpanjang lifetime alat.

Hand stacker atau bisa disebut juga hand forklift ini salah satu alat dalam perindustrian yang sering digunakan, hand stakcer sangat efektif untuk digunakan teruama bagi perlengkapan dan peralatan industri yang sering memindahkan barang dalam memindahkan barang-barang berat atau barang-barang dengan jumlah sekaligus. Hand stacker yang sangat efektif digunakan bagi perlengkapan dan peralatan industri yang sering memindahkan barang dalam jumlah banyak dan memiliki bobot berat yang besar sehingga memudahkan dalam melakukan pekerjaan operasional. Penggunaan hand forklift dengan sering dan terus menerus akan menjadikan alat ini tidak terkontrol dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen-komponennya, akan menjadi fatal jika hal ini diabaikan.

Standart pengecekan alat berat secara garis besar tidak ada, namun ada beberapa klausul atau item yang harus masuk dalam pengecekan alat berat. Pengecekan yang harus ada adalah pengecekan lampu, kebocoran oli, pengecekan ban, pengecekan garpu, pengecekan rem, pengecekan bahan bakar atau aki dan pengecekan oli. Semakin detail item yang dicek dan parameternya, akan membuat operator bisa peduli terhadap kondisi mesin.

Utamakan perawatan terhadap bagian-bagian alat yang biasanya berakibat fatal terutama pada bagian mekanik yang cenderung mengalami aus ketika digunakan secara terus menerus. Perawatan hand stacker ini bukan hanya untuk keamanan dan meminimalisir bahaya tapi juga merupakan pemanfaatan fungsi dari setiap komponen yang digunakan. Dan ketika setiap penggunaan alat ini tidak membahayakan pekerjaan dan orang disekitarnya. Berikut ini beberapa tips perawatan pada Hand Stacker ini :

  • Pemeriksaan Cairan Secara Teratur

Memeriksa cairan yang ada ada pada bagian pendingin, oli, hidrolik, transmisi dan bahan bakar. Hal tersebut agar hand forklift ini mampu bekerja dengan baik dan maksimal selama proses pekerja. Hal ini dilakukan secara teratur dan berkala agar tidak kehabisan ketika proses pemakaian.

  • Rutin dalam Memberikan Minyak Pada Bagian Bagian Aktif

Hand forklift ini memiliki bagian bagian yang bergerak secara aktif ketika digunakan terutama pada bagian garpu penyangga depan dan bagian pedal. Bagian tersebut harus selalu dalam kondisi licin atau basah karena pada bagian ini akan terjadi gesekan, artinya jika pada bagian ini kering maka akan mengakibatkan sebuah bahaya bagi pengguna ataupun bagi orang orang disekitarnya.

  • Charge

Apabila hand forklift tersebut menggunakan tenaga gas, tenaga baterai, tenaga listrik untuk melakukan kegiatan secara elektrik maka harus dipastikan dicharge dengan penuh agar tidak kehabisan ketika pemakaian.

  • Gauges Berfungsi Dengan Baik

Kita juga harus memperhatikan apakah Gauges ini berfungsi dengan baik atau tidak, karena gauges ini merupakan alat utama dalam pengecekan fungsinya yaitu memberikan peringatan ketika ada bagian-bagian komponen pada hand Stacker jika tidak berfungsi dengan baik atau rusak. Jika kita memastikan alat ini berfungsi dengan baik maka bagian yang rusak pada komponen lain mampu terdeteksi sejak awal.

  • Fungsi Setiap Komponen

Sebelum pemakaian memastikan komponen-komponen yang fatal berfungsi dengan baik dan juga selalu memantau bagian bagian tertentu yang memungkinkan akan berubah ketika dipakai agar kecelakaan mampu dikurangi. Tidak hanya pada bagian bagian yang bisa berakibat fatal saja tapi juga seluruh bagian bagian dari hand forklift ini agar berfungsi sebagaimana mestinya.