Penggembur Tanah Ripper

Mengenal Alat Bantu Penggembur Tanah Ripper

Ripper

dutasaranarental.com- Ripper merupakan suatu alat yang menyerupai cakar (shank) yang dipasangkan di belakang traktor. Alat ini berfungsi untuk menggemburkan tanah keras. Pada pekerjaan penggemuran memerlukan penetrasi ripper ke dalam tanah dan traktor berkemampuan besar. Cakar dari ripper ini berjumlah antara satu sampai dengan lima buah. Bentuk dari shank ada 2 macam yaitu lurus dan lengkung. Shank yang Lurus dipakai untuk material yang padat dan batuan yang berlapis, sedangkan untuk shank Lengkung dipakai untuk batuan yang retak.
Untuk gerakan pada ripper ini memiliki dua tipe yaitu tipe lengkung dan paralel. Untuk tipe lengkung atau arc ini memiliki gerakan sederhana, namun terkadang roda bagian belakang dari traktor terangkat sehingga kemampuan untuk pertahanan kurang. Sedangkan pada tipe paralel gigi masuk dari arah atas sehingga menambah traksi alat. Tipe ini berfungsi dengan baik jika digunakan pada material keras.
Dalam memperkirakan hitungan produktivitas pada ripper ini sangat sulit untuk memperkirakannya. Hal tersebut dikarenakan pada pekerjaan yang menggunakan alat ripper ini bukanlah pekerjaan yang dilakukan terus menerus atau pemakaian perkepanjangan. Biasanya pekerjaan ini dilakukan bersama-sama dengan pemuatan material, sehingga kadang kala di lapangan kita dapat melihat bahwa sebuah traktor dipasangkan dengan blade dan ripper pada waktu bersamaan.
Perhitungan produktivitas ripper dapat dilakukan dengan beberapa cara. Cara pertama yaitu dengan mengukur potongan topografi di lapangan dan waktu yang dibutuhkan untuk menggemburkan tanah. Cara ini memberikan hasil yang akurat. Cara yang lainnya yaitu dengan mengasumsikan kecepatan rata-rata ripper yang bekerja pada suatu area. Dengan diketahuinya jarak yang ditempuh pada setiap pass maka waktu berangkat dapat dicari. Total waktu siklus merupakan penambahan waktu berangkat dengan waktu yang dibutuhkan ripper untuk mengangkat atau menurunkan cakarnya.