Pengertian dan Jenis – jenis Hoist Crane

jenis Hoist crane

e. Hoist Crane

Dutasaranarental.com– Hoist Crane adalah salah satu dari jenis alat berat pengangkat atau pembawa barang yang memiliki tugas memindahkan barang dari satu tempat ketempat lainnya dengan jarak yang sudah diatur dan ditentukan. Hoist crane mampu mengangkat beban barang sampai berton – ton tergantung dari spesifikasi hoist crane itu sendiri. Alat berat hoist crane ini dilengkapi dengan roda dan lintasan rel agar dapat bergerak maju dan mundur sebagai penunjang proses kerjanya. Crane Hoist ini biasa digunakan untuk pengangkatan dan pengangkutan muatan di dalam ruangan.

Hoist dibagi menjadi 2 sistem kerja yaitu manual hoist dan electric hoist. Manual hoist tentunya memiliki harga yang relatif murah, tidak bergantung dengan sumber listrik, dan bobotnya tidak seberat electric hoist sehingga sangat cocok untuk daerah yang belum mendapatkan supply listrik.

Dalam Hoist crane ini terdapat tali atau kawat yang mengitari roda atau drum, tali ini yang digunakan untuk mengangkat beban. Roda atau drum ini dapat menggunakan listrik untuk operasi atau dalam beberapa kasus mungkin juga bisa dioperasikan secara manual (chain block). Selain tali dan roda, ada bagian lain dari hoist crane ini yaitu bagian integral dari hoist adalah media lifting yang digunakan. Media lain untuk mengangkat berbeda yang digunakan adalah rantai, serat atau tali kawat. Kail (hook) juga tersedia di mana beban terpasang.

Hoist pada umumnya dibagi menjadi 2 type yaitu chain hoist dan wirerope hoist. Kedua type ini memiliki kelebihan masing-masing. Kesamaannya adalah bahwa perawatan hoist sangat mudah dan frekuensi maintenance cukup 1-2 kali setahun dalam penggunaan normal di lapangan.

Berdasarkan Jenis Hoist Crane biasanya berkapasitas 500 kg sampai puluhan ton. Jenis Hoist Crane ini biasanya digunakan di pergudangan atau pabrik-pabrik. Berikut ini merupakan sedikit penjelasan beberapa jenis hoist crane, diantaranya yaitu :

  • Overhead Crane Single Girder

Overhead crane single girder merupakan alat pengangkat dan pemindah barang yang dapat melakukan gerakan ke kiri, kanan, atas, bawah, maju, dan mundur. Overhead crane biasanya berada di dalam ruangan dan diletakkan di bagian atas ruangan Sesuai dengan namanya overhead crane single hanya menggunakan satu grider dan rail yang digunakannya pun juga single. Konstruksi overhead crane single terdiri dari tiang coulumn, end carriage, dan grider.

  • Overhead Crane Double Girder

Pengertiannya sama dengan overhead crane single girder, hoist crane jenis ini memiliki kegunaan dan fungsi yang sama seperti crane single komponen konstruksinya pun juga sama. Yang membedakannya dengan crane single adalah grider yang digunakan ada dua begitu pula dengan railnya, maka dari itu disbeut crane double girder.

  • Semi Gantry Crane

Jenis crane ini memiliki satu sisi konstruksi menggunakan satu kaki tiang untuk menopang girder. Kaki penopang tersebut biasanya disebut dengan gantry yang mampu bergerak maju dan mundur. Dan disisi lain, girder di topang end carriage yang di letakkan pada console atau tiang coloumn.

  • Gantry Crane

Jenis Gantry Crane ini di kedua sisinya menggunakan kaki. Kaki gantry tersebut berjalan di atas rel untuk bergerak maju mundur. Penggunaan hoist crane jenis gantry crane membutuhkan keamanan yang cukup ekstra, karena rel crane berada dilantai ditambah aliran listrik yang mudah dijangkau.

  • Suspension Crane

Jenis suspension crane ini memiliki konstruksi dimana grider digantung pada beam. Seperti jenis crane pada umumnya, girder suspension crane juga dapat bergerak maju dan mundur.

  • Jib Crane

Jib Crane merupakan salah satu jenis hoist crane yang memiliki 1 tiang dan girder. Jib Crane ini memiliki bentuk konstruksi seperti huruf L terbalik. Hoist mampu bergerak ke kiri, kanan, atas, dan bawah pada girder atau beam yang merupakan rail dari hoist tersebut. Girder juga bisa digerakan beberapa derajat dan sering disebut gerakan swing. Pergerakan swing ini bisa dengan motor maupun manual.

Sampai disinilah akhir dari pembahasan tentang beberapa jenis Crane yang bersambung di artikel artike sebelumnya. Jenis-jenis Crane tersebut diantaranya yaitu : a. Crane Crawler, b. Mobile Crane (Truck Crane), c. Tower Crane, d. Hidraulic Crane, e. Hoist Crane