Pengertian dan bagian bagian Tower Crane

sewa tower crane
c.  Tower Crane
Dutasaranarental.com– Jenis crane selanjutnya yaitu Tower Crane. Crane jenis ini digunakan untuk mengangkat benda/material secara vertikal maupun horizontal dari bawah menuju ke tempat yang tinggi dengan ruang gerak yang terbatas. Jika dibandingkan dengan cara konvensional, penggunaan alat ini tentu saja lebih menghemat waktu dan meringankan pekerjaan.
Pada prinsipnya , tower crane merupakan pesawat pengangkat dan pengangkut yang memiliki mekanisme gerakan yang cukup lengkap, yaitu kemampuan mengangkat muatan (lifting) menggeser (trolleying), menahannya tetap di atas bila diperlukan dan membawa muatan ke tempat yang ditentukan (slewing dan travelling). Operasi kerja yang identik dan muatan yang seragam yang diangkutnya, memungkinkan fasilitas transport dilakukan secara otomatis. Bukan hanya untuk memindahkan, melainkan juga untuk proses bongkar muatan.
Tower Crane banyak digunakan untuk pembangunan gedung bertingkat misalnya: Hotel, Apartement, Mall, Dll. Pembangunan menggunakan alat ini sangat mempersingkat waktu pengerjaan dalam sebuah proyek pembangunan, karena material dapat terangkat ke lokasi pemasangan dengan lebih mudah dan cepat.

Bagian- Bagian Utama Penyusun Tower Crane :

  1. Jib : lengan panjang yang dapat berputar 360 derajat, secara horisontal. Jib ini terbuat dari kabel baja atau sling yang fungsinya adalah untuk mengangkut material atau menahan alat-alat pada konstruksi.
  2. Join Pin : Tempat pengendali/ Kontrol tower crane. Join pin untuk mengatur pergerakan Tower Crane yang dikendalikan oleh operator (manusia). Tower Crane memiliki dua tombol limit, yakni Tombol Beban Maksimum dan Tombol Momen Beban yang berfungsi untuk memastikan operator jika crane tidak mengangkat beban secara berlebihan.
  3. Mast Section :  Bagian Vertikal tower crane sebagai tiang crane, dibagian tengah tiang terdapat tangga untuk tempat naik operator. Mast section ini berfungsi untuk mengatur ketinggian Tower Crane.
  4. Counter Weight: Posisinya berada di belakang lengan crane (jib). Terbuat dari beton yang berfungsi untuk pemberat sekaligus penyeimbang lengan crane (jib) ketika mengangkat beban.
  5. Collar Frame atau Anchorages Frame : Bagian penting yang digunakan saat Tower Crane memiliki ketinggian yang melebihi batas dari ketentuannya. Collar Frame atau sabuk pengaman diikat ke bangunan dengan memperhatikan kekuatan bracing sehingga bangunan tetap stabil meskipun ada tarikan atau tekanan.

Selanjutnya>>>> d. Hydraulic Crane