overhead crane

Pengertian dan Komponen-Komponen Overhead Crane

 

Overhead Crane

 

dutasaranarental.com – Sebelum kita membahas komponen dari Overhead crane ini sedikit kita mengetahui apa itu overhead crane. Overhead crane ini merupakan gabungan mekanisme pengangkat secara terpisah dengan rangka untuk mengangkat sekaligus memindahkan muatan yang dapat digantungkan secara bebas atau dikaitkan pada crane itu sendiri. Overhead crane ini biasanya juga disebut dengan Bridge Crane (jembatan Crane). Untuk Overhead Crane ini banyak digunakan di lingkungan Industri.

Bagi kalian yang baru mengenal apa itu overhead crane penting juga untuk mengenal komponen – komponen yang ada pada overhead crane ini.  Berikut ini nama dan fungsi komponen overhead crane ini antara lain:

  • Lintasan Atau Runway Rail

Lintasan atau Runway Rail berfungsi sebagai jalan bagi crane untuk gerakan maju dan mundur.

  • Drum

Drum ini merupakan penggulung tali baja untuk penggerak daya, dilengkapi dengan alur agar tali baja dapat digulung dengan teratur sehingga keausan baja dapat dikurangi.

  • Jembatan Palang

Jembatan Palang berfungsi sebagai lintasan bagi crane untuk bisa bergerak ke kiri dan kanan.

  • Motor Penggerak Roda

Motor penggerak roda yang berfungsi untuk mengerakan roda yang ada pada lintasan sehingga memungkinkan crane untuk bergerak maju dan mundur.

  • Roda Penggerak

Berfungsi sebagai roda dari palang crane tersebut.

  • Motor Pengerak

Komponen penting pada Overhead Crane kali ini adalah motor penggerak berfungsi untuk menaikan dan menurunkan benda yang di kaitkan pada pengait.

  • Tali baja

Digunakan secara luas pada mesin-mesin pengangkut sebagai perabot pengangkat.

  • Puli

Dibuat dengan desain tetap dan bebas. Puli digunakan sebagai penuntun karena berfungsi sebagai pengubah arah peralatan. Pada puli bebas terdapat gander yang bergerak dan dibebani dengan muatan. Gabungan beberapa puli bebas dan puli tetap merpakan suatu sistem puli yang digunakan untuk mengubah gaya yang terdapat pada sistem crane.

  • Pengait

Di dalam peralatan pengangkat, untuk mengangkat beban digunakan rantai tali baja yang dihubungkan dengan kait. Jenis kait tunggal dan kait tanduk merupakan kait yang paling banyak digunakan pada sistem crane.

Demikian keterangan tentang Overhead Crane beserta komponen-komponennya.