Mengenal Apa itu Crane

sewa crane surabaya gresik pasuruan pandaan mojokerto

Pengertian Crane

crane

dutasaranarental.com  Selain Forklift yang kita bahas di artikel sebelum-sebelumnya, kali ini kita harus mengenal alat berat lainnya yaitu alat berat Crane. Jika belum mengetahui Apa itu Crane, maka simak sedikit bacaan berikut ini.

Crane merupakan sebuah alat untuk mengangkat dan memindahakan material dengan prinsip kerja tali, crane ini dapat digerakkan secara vertikal dan gerak kearah horizontal bergerak secara bersama dan menurunkan muatan ke tempat yang telah dtentukan dengan mekanisme pergerakan crane secara dua derajat kebebasan. Kemampuan angkat beban dari crane ini bervariasi, hal tersebut tergantung tipe crane tersebut. Mesin ini dilengkapi dengan kawat atau rantai yang digerakkan dengan banyak katrol atau puli sehingga memberikan keuntungan mekanis melebihi yang bisa dilakukan manusia.

Alat ini memiliki bentuk dan kemampuan angkat yang besar dan mampu berputar hingga 360 derajat dan jangkauan hingga puluhan meter. Pada umumnya Crane ini sangat sering digunakan dalam pekerjaan konstruksi, proyek, pelabuhan, pergudangan, industri dll. Akan tetapi karena kemampuan crane sebagai alat pengangkat beban yang baik, menjadikan alat crane ini hampir menguasai pekerjaan di berbagai bidang.

Crane ini juga memiliki beberapa jenis diantaranya yaitu Crane Crawler, Mobile Crane (Truck Crane), Crane untuk lokasi terbatas, Tower Crane, Hidraulic Crane, Hoist Crane, Jip Crane. Dari beberapa jenis crane tersebut tentunya berbada pula fungsi dan kegunaannya.  Untuk fungsi dan kegunaannya mungkin kita akan tulis di artikel selanjutnya. Demikian sedikit pengenalan tentang alat berat Crane ini semoga bermanfaat.