Keunggulan Excavator Amphibi

amphibi excavator

Beberapa Keunggulan dari Excavator Amphibi

 

Excavator Amphibi

 

dutasaranarental.com– Salah satu alat berat yang paling kita temui adalah alat berat Excavator. Seperti yang sudah kita ketahui Excavator yang memiliki banyak fungsi dibandingkan alat berat lain. Beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh beberapa alat berat lain bisa dikerjakan hanya dengan alat berat Excavator ini. Akan tetapi excavator tentunya memiliki keterbatasan dalam melakukan pekerjaan di salah satu area kerja yang berair, seperti rawa-rawa sehingga excavator ini tidak bisa bekerja secara optimal.

Meskipun pada beberapa situasi excavator tetap digunakan, seperti excavator long reach atau menggunakan ponton. Hal tersebut pun seperti long reach tersebut tidak selalu menjangkau semua area, terutama ketika pekerjaan menggali diarea berair yang cukup lebar. Sedangkan excavator ponton juga memiliki keterbatasan menjangkau semua area. Khususnya pada area berlumpur ponton ini tidak bisa digunakan karena ponton akan kandas pada lumpur. Melihat hal tersebut maka diperlukannya alat khusus untuk di daerah yang berair seperti itu. Salah satu opsi terbaik yaitu Amphibious Excavator ini.

Pada masyarakat Indonesia masih sangatlah minim dengan informasi mengenai excavator terapung ini atau dikenal sebagai excavator amphibi ini. Padahal, excavator ampibi mempunyai keunggulan seperti mengapung di lahan basah dan sungai yang mendukung pekerjaan pengerukan lumpur, pembuatan parit, dan kanal.  Di Indonesia sendiri Excavator Amphibi dirilis oleh PT. Ultratex Indonesia pada Oktober 2009. PT. Ultratrex Indonesia, merupakan sebuah perusahaan yang khusus memproduksi amphibious undercarriage. PT. Ultratrex Indonesia sendiri merupakan anak perusahaan dari Ultratrex, sebuah perusahaan yang berbasis di Singapura. Perusahaan ini menjual beberapa macam produknya dari excavator mini, kecil, menengah dan besar. Kehadiran Ultratrex bermaksud membantu pelaku industri maupun pemerintah yang memerlukan excavator ampibi untuk menunjang aktivitas kerja mereka. Misalkan saja, sudah ada pesanan instansi pemerintah yang berminat memakai Ultratrex untuk membantu pengangkutan sampah banjir.

Jika dibandingkan dengan excavator biasa, excavator amphibi ini dijamin tidak akan tenggelam ketika perkie dilahan yang basah. Melihat dari beberapa kasus dari excavator non amphibi amblas di lahan yang basah meskipun beberapa merek excavator memiliki fitur low ground pressure tetapi dapat tenggelam di lahan yang basah maka bisa dipastikan akan sulit untuk menariknya kembali dan memerlukan alat berat lainnya untuk mengeluarkan dari lahan tersebut, dan hal tersebut tentunya juga akan menambah biaya.

Diperlukannya excavator amphibi ini karena alat berat ini mampu mengapung dan stabil di dalam air asalkan tidak titerjang oleh ombak. Salah satu sektor industri yang memerlukan excavator amphibi ini adalah sektor industri kelapa sawit. Exavator amphibi yang diminati oleh sektor industri kelapa sawit ini adalah kelas mini dan kecil karena kapasitas kedua tipe ini sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha sawit untuk pembuatan parit di sepanjang tanaman sawit.

Tentunya tidak hanya industri kelapa sawit saja yang memerlukan excavator amphibi ini. Pada situasi tertentu juga banyak yang meminati ecxavator amphibi ini seperti ditengah bencana alam yang terjadi seperti kebakaran hutan, produk excavator amphibi ini banyak pula diminati. Karena produk tersebut dapat membantu pemadaman kebakaran hutan di lahan gambut lewat penyemprotan api dengan menggunakan pipa khusus yang terpasang di excavator.