Ketahui Fungsi dari Final Drive pada Alat Berat

final drive alat berat

final drive alat berat

Prinsip Kerja dan Fungsi dari Final Drive Alat Berat

 

Final Drive Wheel Loader

 

dutasaranarental.com- Final drive ini merupakan salah satu komponen dari power train sebagai penggerak akhir yaitu menuju roda atau track. Final drive ini memiliki fungsi melipatgandakan torsi yang paling akhir. Final drive ini memiliki susunan roda gigi yang berupa satu set roda gigi lurus atau juga satu set gigi planet (planetary gear set) sebagai roda penggerak akhir yang difungsikan untuk mereduksi putaran dan meningkatkan torsi pada alat berat seperti jenis excavator atupun wheel loader.

Ketika alat berat bergarak, pada komponen final drive ini bekerja dengan prinsip sama dengan prinsip kerja pada transmisi yaitu terdapat pengurangan kecepatan putar pada roda gigi yang memiliki jumlah gigi yang tidak sama sehingga dapat menghasilkan torsi yang meningkat.

Final drive ini dipasang melebar melebihi badan unit setelah steering clutch. Ketika beroperasi final drive ini dihadapkan pada tekanan permukaan yang besar disebabkan oleh beban goncangan dan benturan, sehingga diperlukan perhatian ysng lebih dalam hal pemilihan pelumas dan mencegah masuknya benda asing ke dalam final drive case.