Jenis-jenis dari Final Drive

Final drive Planetary gear

Final drive Planetary gear

Ketahui jenis-jenis dari Final Drive

 

FINAL DRIVE

dutasaranarental- Sebelumnya telah kita ketahui bahwa Final Drive ini yang merupakan susunan roda gigi sebagai penggerak akhir menuju roda atau Track. Ada beberapa macam dari final drive ini yang digunakan untuk alat berat diantaranya yaitu :
  • Single reduction
Beberapa dari alat berat yang menggunakan single reduction ini adalah wheel loader, traktor jenis kecil, scraper, off highway truck kecil, dan motor grader.
  • Double reduction
Final drive Jenis double reduction ini digunakan pada off highway truck  atau lebih tinggi dan wheel loader.
  • Planetary¬†gear set
Speed ratio dari gear penggerak dengan gear yang digerakkan adalah tergantung jumlah gigi dari masing – masing gear. Planetary gear sistem ini kebanyakan dipakai pada transmission sistem yang mana pada kecepatan putar dan arah putar dari input dapat diubah variasi dalam berbagai tingkatan pada planetary gear system. Power dari transmission yang diteruskan ke differential dan menuju ke final drive shaft. Dari final drive shaft power masuk sebagai sun gear pada first reduction planetary gear. Ring gear yang merupakan komponen statis sehingga outputnya yaitu carrier. Dari carrier ini pada first reduction planetary gear power dikirim ke second reduction planetary gear.