sewa crane surabaya gresik pasuruan pandaan mojokerto

Mengenal Berbagai Macam Jenis Crane

dutasaranarental.com Siapa yang disini belum mengetahui apa itu Crane, coba cek di postingan kita sebelumnya. Nah untuk melanjutkan dan untuk mengetahui crane lebih lanjut lagi tetaplah membaca artikel ini. Crane ini bukan hanya memiliiki satu jenis, melainkan ada banyak jenis untuk alat berat ini tentunya juga memiliki fungsi yang berbeda-beda, mari kita bahas satu persatu dari bermacam jenis crane ini, diantaranya yaitu:

a. Crawler Crane

Jenis crawler crane ini banyak kita jumpai dilokasi proyek konstruksi dengan jangkauan yang panjang dan dapat mengangkat meterial yang berat, dilengkapi dengan Track Crawler (kelabang) untuk mempermudah manuver di area yang sangat sulit/kasar misalnya tanah yang berlumpur. Crawler Crane ini pada umumnya menggunakan boom latice/kisi yang dapat dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan.  Crawler crane ini hampir sama dengan mobile crane, hanya saja crawler crane tidak memiliki kaki (pondasi/tiang),  tetapi di bagian belakang terdapat beban sebagai penyeimbang saat beroperasi, Crane ini memiliki roda-roda rantai (crawler) yang dapat bergerak ketika digunakan diberbagai medan. Untuk bisa sampai ke lokasi crawler crane diangkut menggunakan truck trailer ke tempat lokasi dengan membongkar bagian “Boom” menjadi beberapa bagian kemudian dipasang kembali pada lokasi proyek.

Dalam pengoperasiannya mesin dari crane ini dapat melakukan kerja pengangkatan beban secara vertical dan dikombinasi dengan gerakan yang lain, misalnya : gerak putaran (slewing), gerak maju dan mundur (travelling), maupun gerakluffling. Sumber tenaganya diperoleh dari mesin diesel yang terpasang dari mesin tersebut. Kemudian disalurkan ke peralatan-peralatan lain yna juga terpasang pada konstruksi rangka mesin tersebut melalui transmisi rantai dan transmisi roda gigi yang hasil nya dapat menghasilkan energy. Secara keseluruhan mekanisme pengaturan gerakan pada mesin ini mempunyai konstruksi yang tidak sederhana , karena semua peralatan hampir terletak pada suatu konstruksi yang tidak terlalu luas tempatnya.
Berikut merupakan bagian-bagian dari Crawler Crane beserta fungsinya:
1. Crawler : berfungsi untuk memindahkan crane secara merayap di area kerja.
2. Superstructure : merupakan ruang control operator. Superstructure juga merupakan poros,dimana crane berputar.
3. Counterweight : merupakan bobot yang digunakan untuk menyeimbangkan beban yang diangkat dan juga beban crane itu sendiri. Dengan kata lain counterweight berfungsi untukmenjaga stabilitas crane.
4. Additional counterweight : merupakan bobot tambahan dalam menyeimbangkan crane. Additional counterweight  ini bersifat optional (pilihan).
5. Jib : adalah perpanjangan tambahan yang melekat pada boom sehingga memberikan tambahan panjang boom untuk mengangkat beban.
6. Mast : merupakan tempat untuk menopang tali atau kawat penyeimbang crane. Mast juga berfungsi sebagai kerekan.
7. Pulley : berfungsi untuk memutar pengait sehingga dapat dinaikkan ataupun diturunkan.
Berikutnya >>>>>  b. Mobile Crane