Jenis Alat ini Memudahkan Pekerjaan Material Handling Anda

Material Handing

Alat Bantu Material Handling yang Sering Digunakan

 

Material Handing

 

dutasaranarental.com- Material Handling merupakan suatu pergerakan semacam pengendalian dalam penyimpanan atau pengendalian terhadap produk-produk di pabrik maupun gudang secara aman. Kegiatan tersebut tentu sekerang ini tidak lagi menggunakan tenaga manusia sepenuhnya tetapi juga menggunakan alat-alat bantu yang disebut dengan Material Handling ini.

Pada kegiatan pengangkutan dan pemindahan barang dalam perindustrian biasanya menggunakan material handling, peralatan handling ini memang sangat dibutuhkan karena semua barang yang dipindahkan jumlahnya tidak sedikit juga tidak mungkin pula semua dari pekerjaan pemindahan dan pengangkutan menggunakan tenaga manusia. Maka dari itu diperlukannya Material Handling ini agar lebih mudah dan tidak memakan waktu yang lama dalam pengerjaannya. Berikut ini merupakan jenis alat yang sering digunakan dalam kegiatan tersebut, diantaranya yaitu :

  • Tangga Elektrik

Tangga Elektrik ini merupakan alat angkut yang fungsinya untuk menjangkau ketinggian yang sulit dijangkau secara manual. Pengoperasiannya full elektrik dan bersistem hydraulis dengan standart keamanan tinggi dan pada setiap platformnya kemungkinan untuk operator dapat dengan mudah menyelesaikan kegiatan operasional di atas ketinggian dan alat ini dilengkapi dengan empat roda pada setiap unit, dua berputar tetap dan dua lainnya diatur secara manual oleh operator agar bisa menentukan posisi yang diinginkan. Alat ini tidak di desain untuk mengangkut barang, bebannya juga terbatas hanya 1 sampai 2 orang operator saja. Alat ini memiliki platform yang dioperasikan dengan cara diangkat dan diturunkan menggunakan hidrolik dan tiang utama penggerak terbuat dari aluminium ringan yang kuat juga terdapat stabiliser bar yang berfungsi menarik kembali platform ke bawah pada saat pengoperasian serta dilengkapi tombol darurat untuk berhenti secara otomatis saat terjadi kesalahan dan sesuai standart kesalamatan, terdapat indikator pengisian daya baterai dan alarmyang menunjukkan indikator tegangan, rem, serta memiliki design yang ergonomis serta ringan menjadikan mudah dan simpel digunakan di mana saja.

  • Hand Pallet 
Alat selanjutnya yaitu hand pallet yang mereupakan alat bantu material handling yang fungsinya juga sama dalam pemindahan barang-barang yang  lebih mudah, efisien, dan hemat waktu. Hand pallet ini berupa truck kecil dengan 4 roda kecil, 1 buah kemudi bagian belakang, dan 2 garpu yang digunakan untuk mengangkut barang. Hand pallet ini dapat berfungsi dengan baik apabila digunaakan di area tempat yang halus, hand pallet ini juga memiliki beberapa jenis roda yang bisa disesuaikan dengan tempat kegiatan pengangkutan.
  • Hand Stacker

Seperti alat – alat sebelumnya hand stacker ini difungsikan sebagai pengangkut beban pada suatu perusahaan, baik memindahkan dari truk atau menata diatas rak-rak dengan ketinggian yang sulit dijangkau agar lebih mudah, efisien juga dapat menghemat waktu dengan sistem kerja hydraulis. Sama seperti Hand pallet akan berfungsi dengan baik jika digunakan di area tempat halus, Hand Stacker juga memiliki roda yang dapat disesuaikan dengan tempat kegiatan pengangkutan. Terdapat 3 jenis Hand Stacker : Hand Stacker Manual, Hand StackerSemi Elektrik dan Hand Stacker Electrik.

Ayo Berbagi: