sistem hidrolik crane

d. Hydraulic Crane

dutasaranarental.com–  Sistim Hydraulic ini sendiri yang telah kita ketahui yaitu suatu system pemindah tenaga dengan menggunakan zat cair atau fluida sebagai perantara. Sistem hydraulic ini mempunyai banyak keunggulan dibanding jika menggunakan sistem mekanikal. Standar dalam mobil crane hydraulic truck crane dapat mengangkat ribuan pound menggunakan tenaga hydraulic yang mengandalkan kekuatan melalui minyak untuk mendorong piston boom dalam arah yang berlawanan. Truck hydraulic crane sangat penting untuk membangun proyek proyek besar seperti jembatan, gedung, bandara, jalan raya.

Namun secara khusus Hydraulic crane adalah crane yang biasa digunakan pada perbengkelan dan pergudangan dll, yang memilki struktur sederhana. Crane ini biasanya diletakkan pada suatu titik dan tidak untuk dipindah-pindah dan dengan jangkauan tidak terlalu panjang serta putaran yang hanya 180 derajat. Sehingga biasanya pada suatu perbengkelan/pergudangan terdapat lebih dari satu Crane.

Berikut gambaran Prinsip kerja system Hidraulic Crane adalah sebagai berikut : Pompa  menghisap oli hydraulic yang tersimpan di dalam oil Tank dan mendorongnya menuju actuator (penggerak). Directional control valve berfungsi untuk mengubah arah aliran oli hydraulic yang menuju actuator sehingga actuator dapat bergerak bolak-balik (maju-mundur pada cylinder boom, berputar searah-berlawanan arah jarum jam bila actuatornya berupa motor pada system winch atau swivel/swing). Bila directional control valve pada posisi netral (handle di posisi tengah) maka oli akan dibuang ke oil tank kembali dan tidak keactuator.

Selanjutnya>>>>>  e. Hoist Crane