Hydraulic Control Valve Pada Alat Berat

Hydraulic control valve

Hydraulic control valve

Jenis Hydraulic Control Valve yang terdapat Pada Sistem Hydraulic

Hidraulic control valve

 

dutasaranarental.com- Hydraulic control valve ini merupakan salah satu komponen dengan sistem hydraulic  yang berfungsi untuk menaikkan tekanan, juga mengatur jumlah dan arah aliran oli yang diisap oleh hydraulic pump dari hydraulic tank untuk mengoperasikan unit alat berat. Hydraulic terdiri dari 3 macam diantaranya yaitu:

  •   Pressure Control Valve (Katup Pengontrol Tekanan)

Pressure control valve merupakan jenis katup pada system hidrolik yang memiliki fungsi untuk mengontrol tekanan dengan cara mengembalikan semua atau sebagian oli ke tangki apabila tekanan dalam system hidrolik batas tekanan yang telah diatur. Pressure control valve terbagi atas 3 jenis yaitu tipe poppet, tipe pilot, dan tipe piston.

  1. Tipe Poppet : Konstruksinya terdiri dari valve, spring dam adjusting screw beserta shim / nut.
  2. Tipe Piston

  3. Tipe Pilot : Pada jenis katup ini sama dengan tipe poppet dalam membebaskan tekanan oli akan tetapi berbeda saat akhir pembebasan olinya dan mudah dalam mengatur tekanan seperti mudahnya saat membebaskan oli. Naiknya tekanan akan menyebabkan pilot valve terbuka sehingga tekanan pada balance chamber turun dan main valve bergerak ke kanan yang selanjutnya membuka saluran yang lebih besar. Ketiga tipe katup pengontrol tekanan di atas ( pressure control valve ) umumnya dipakai untuk relief dan safety valve.

 

  • Flow Control Valve (Katup Pengontrol Aliran)

Flow control valve ini merupakan katup yang menghambat aliran pipa untuk mengontrol volume aliran oli supaya kecepatan motor hydraulic dan silinder dapat dikontrol dan pompa hydraulic displacement tetap digunakan. Katup kontol aliran ( control kecepatan ) dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Katup penghambat
    Katup penghambat ini merupakan  katup yang mengontrol jumlah aliran dengan cara menghambat resistansi dalam katup,  dan juga berubah sesuai perubahan tekanan sebelum dan dibelakang katup. Katup ini bisa didesain secara sederhana (katup niddle) atau hambatan tetap pada aliran (orifice).
  2. Katup kontrol aliran dengan konpensasi tekanan
    Katup ini memiliki mekanisme konpensasi tekanan yang berfungsi untuk menjaga perbedaan tekanan pre-desain sebelum dan di belakang katup penghambat. Dengan melakukan ini, volume aliran dapat dijaga agar tetap konstant tanpa memperhatikan fluktuasi tekanan sebelum dan di belakang katup. Desain orifice kompensasi tekanan secara normal akan memberikan perubahan kekentalan yagn disebabkan karena temperatur.

 

  •  Directional Control Valve (Katup Pengontrol Arah aliran)

Directional Control Valve berfungsi untuk mengontrol atau mengatur arah gerakan aktuator dengan merubah arah aliran oli atau memutuskan aliran oli. Contoh jenis katup pengarah: Katup 4/3 Penggerak lever, Katup pengarah dengan piring putar, katup dengan pegas bias.