Fungsi Ripper dalam Pekerjaan Ripping

Ripper dalam proses Ripping

Ripper dalam proses Ripping

Fungsi dari alat Ripper

 

Ripper dalam proses Ripping

dutasaranarental.com-  Apabila volume pada pekerjaan tanah keras cukup banyak, maka pada pekerjaan ini yang paling efektif adalah dengan cara menggemburkan terlebih dahulu tanah tersebut, alat yang digunakan pada pekerjaan ini disebut dengan ripper atau yang sering kita dengar yaitu bajak. Pada dasarnya alat ini merupakan sebuah bajak yang memiliki gigi-gigi yang terbuat dari baja yang cukup keras, sehingga pada alat ini memiliki tekanan yang cukup besar yang dapat mendorong masuk ke dalam tanah. Fungsi utama dari Ripper ini yaitu menggemburkan tanah -tanah yang keras. Akan tetapi tidak semua tanah keras bisa dikerjakan oleh ripper, terkadang juga harus dilakukan peledakan.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Ripper ini adalah untuk mengerjakan tanah – tanah yang agak keras, dimana apabila pekerjaan ini dilakukan oleh bulldozer maka hasilnya kurang efektif. Akan tetapi tidak semua tanah juga bisa dikerjakan oleh ripper ini. Perlu kita ketahui bahwa kemampuan alat Ripper dalam meripping tanah tergantung dari jenis ripper itu sendiri.
Berikut beberapa hal  yang perlu di perhatikan dalam mengevaluasi feasible atau tidaknya pada pekerjaan ripping tersebut :
  • Terkadang pekerjaan ripping berhasil tanpa memperhatikan “kecepatan rambat suara”, hal ini terutama material-material yang homogen seperti mudstone dan claystone.
  • Rendahnya kecepatan rambat suara yang terjadi pada batuan sedimen dapat menunjukkan bahwa ini bisa di ripping, akan tetapi jika ” joint fracture” yang terjadi tidak memungkinkan untuk penetrasi gigi-gigi ripper, maka material ini tidak effektif untuk di ripping.
  • Peledakan cukup menolong untuk memungkinkan gigi-gigi ripper masuk, terutama batuan konglomerat dan beberapa jenis batuan yang lain. Tetapi pekerjaan peledakan ini harus benar-benar dihitung dari segi ekonomisnya jika akan meledakkan butiran-butiran yang lebih besar dari batuan jenis batu pasir, batu kapur dan granit.