Floating Crane

Floating Crane

Mengenal Alat Berat Floating Crane

 

Floating Crane

 

dutasaranarental.com Mungkin beberapa tidak mengetahui tentang apa itu Floating Crane? Crane sendiri merupakan alat yang difungsikan untuk mengangkut muatan, dilihat dari situ maka Floating crane ini seperti fungsi utama crane yaitu  alat untuk mengangkut muatan, akan tetapi Floating Crane ini tidak mempunyai mesin induk dan alat kemudi melainkan pergerakannya di atur oleh Tugboat. Floating crane ini juga mampu mengangkat muatan berat sehingga dengan menggunakan floating crane suatu muatan dapat dengan mudah diangkat, atau di pindahkan ke mother vessel. Selain itu floating crane ini biasanya juga disebut dengan kapal terapung yang didalamnya terdapat crane yang digunakan untuk mengangkut muatan seperti berupa batu bara dari tongkang kemudian diproses dan diteruskan masuk ke dalam palka mother vessel. Salah satu contohnya yaitu floating crane parameswara, floating crane parameswara ini berbeda dengan kapal floating yang lain. Hal tersebut dikarenakan pengoperasian pemuatannya / pengoperasian pemuatannya (loading operation) menggunakan sistem berjalan / conveyor belt sedangkan jenis floating crane yang lain pengoperasiannya bermacam macam sesuai dengan jenisnya.

Kebanyakan Floating crane ini digunakan di daerah kalimantan untuk memuat batu bara. jenis – jenis dari floating crane ini sangat bervariasi ada dalam sangat bervariasi ada dalam satu floating yang memiliki dua crane (doble crane/twins crane) dan juga yang normal (single crane), disamping itu adapula crane yang divariasiakan dengan conveyor dengan tujuan agar pemuatan atau pembongkaran dapat di lakukan lebih cepat.  Karena pada dasarnya crane dengan conveyor fungsinya sama yaitu sama-sama berfungsi untuk memindahkan barang/muatan akan tetapi meskipun begitu tentu saja kedua alat ini terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dalam pemuatan batu bara dengan menggunakan floating crane ini sering juga disebut dengan istilah Transhipmen. Transhipment ini merupakan suatu proses bongkar muat dimana sebagian atau keseluruhan dari barang yang diangkut dari tempat asal tidak langsung dikirim ke tempat tujuan tetapi melalui tempat transit (transhipment).

berikut ini merupakan bebrapa keuntungan dalam Menggunakan floating crane dalam suatu transhipmen batu bara di antaranya yaitu :

  • Dapat menghemat waktu pemuatan
  • Tidak semua jenis kapal besar dapat masuk dalam suatu kawasan pelabuhan dikarenakan pengaruh pelabuhan muat cukup sempit oleh kapal yang bermuatan besar dan Draft kapal juga berpengaruh
  • Hanya ukuran kapal tertentu yang dapat dimuat seperti capzise atau panamax
  • Quantity yang di muat lebih banyak
  • Mengurangi penanganan muatan ganda (doble handling)
  • Mengurangi polusi