Differential Pada Alat Berat

Fungsi dan Jenis Diffrential Pada Alat Berat

Diffrential Pada Alat Berat

 

dutasaranarental.com- Diffrential merupakan salah satu jenis komponen power train yang terdapat pada alat berat yang berfungsi untuk meneruskan tenaga dari transmission ke final drive kiri dan kanan, dan memungkinkan roda berputar dengan kecepatan berbeda pada saat berbelok. Differential digunakan pada wheel type machine (machine yang menggunakan roda) sedangkan pada track type machine (machine yang menggunakan track) digunakan bevel gear. Bebrapa fungsi dari differential ini diantaranya yaitu :     

Fungsi dari differential diantaranya adalah:

  • Menghantarkan dan membagi tenaga dari transmission ke final drive kiri dan kanan
  • Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat machine ber­belok
  • Membagi torsi dari transmission sama besar ke final drive kiri dan final drive kanan

Jenis-jenis differential yang digunakan antara lain :

  1. Standard Differential : Beberapa komponen pada differential ini diantaranya adalah ( differential case, pinion gear atau spider gear, side gear, spider shaft)
  2. No-SPIN Differential: digunakan pada wheel loader (optional), integrated tool carrier, articulated truck, wheel tractor, soil compactor, landfill compactor dan backhoe loader dan merupakan pengganti standard differential. Apabila salah satu dari roda melebihi putaran penggerak atau overrum, maka Non-Spin differential ini akan memutuskan hubungan dengan roda yang berputar lebih cepat tadi dengan cara memisah kan antara spider shaft dengan jaw clutch. Roda yang berputar lebih cepat tadi akan bebas dan semua torsi akan dikirimkan ke roda yang putarannya lebih lambat.
  3. Limited Slip Differential, digunakan pada wheel loader menengah (optional), beberapa wheel loader besar dan articulated truck dan merupakan pengganti standard differential. Limited Slip Differential ini dirancang agar tenaga dapat disalurkan dengan sama pada kedua roda sampai kondisi pijakan menyebabkan variasi cengkraman antara roda kiri dan kanan.
  4. Differential Lock ini biasanya digunakan pada motor grader. Sistem ini tidak bekerja secara otomatis melainkan membutuhkan operator dalam mengotrol pengoperasiam. Jika lock diaktifkan maka roda kiri dan roda kanan akan berputar dengan torque yang sama, dan ketika lock tidak diaktifkan maka sistemnya sama dengan conventional diffenrential.