Bagian-bagian Forklift

Beberapa Bagian Forklift Beserta Fungsinya

jasasewaforklift.com – Yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa forklift memiliki beberapa jenis, dilihat dari segi pengoperasiannya maupun dari segi sumber energinya. Selain jenis-jenis forklift yang harus kita ketahui untuk menambah wawasan disini akan dibahas beberapa bagian forklift beserta dengan fungsinya, bagian-bagian Forklift diantaranya yaitu;

  • Fork  merupakan bagian utama dari forklift, bentuk dari fork ini berbentuk garpu yang berfungsi untuk menopang dan mengangkat barang. fork ini terbuat dari besi panjang dan lurus dengan panjang standart yaitu 1070 mm dan bisa juga ditambah dengan fork extension agar bisa lebih panjang. Yang perlu diketahui saat mengangkat beban harus mengukur dimensi beban dan kapasitas berat agar bisa disesuaikan dengan fork tersebut.

  • Carriage adalah bagian dari spare part forklift. carriage ini bagian dari forklift yang sangat penting karena berfungsi sebagai penghubung antara mast dan fork karena ditempat ini fork melekat. Carriage juga berfungsi sebagai sandaran keamanan untuk barang barang di pallet disaat kondisi barang berada di atas mast lifting.

  • Mast merupakan salah satu bagian penting dan utama dari forklift ini, perlu diketahui antara fork dan mast ini adalah satu kesatuan supaya forklift berjalan sesuai fungsinya. Mast ini terbuat dan terdiri dari dua buah besi yang tebal yang diantaranya terdapat komponen hidroulik sistem yang dalam satu kesatuannya berfungsi sebagai pengangkat atau menurunkan barang. Fungsi dasar dari mast ini adalah untuk lifting dan tilting.

  • Overhead Guard adalah sebuah atap pelindung yang dimana berfungsi untuk melindungi operator pada saat melakukan pekerjaannya dalam mengangkat barang dan apabila barang yang diangkat tersebut jatuh agar tidak langsung mengenai operator forklift dan jika di modifikasi bisa juga sebagai pelindung operator dari panas matahari dan hujan.

  • Counterweight merupakan penyeimbang beban dari beban yang diangkat oleh forlift itu sendiri. Counterweight ini letaknya dibelakang yang berlawanan dengan fork, sehingga kestabilan forklift dan keseimbangan dari forklift ini tetap terjaga.

Nah itulah tadi sedikit bahsan tentang bagian-bagian dari forklift. Sekarang kita telah mengetahui beberapa bagian dari forklift, untuk wawasan selanjutnya tunggu di posting selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *