Alat Berat kehutanan

Jenis-jenis Alat Berat yang Digunakan dalam Kehutanan

dutasaranarental.com Dalam kehutanan ada berbagai macam kegiatan sehingga membutuhkan alat bantu dalam pengerjaannya. Salah satu yang dibutuhkan dalam kehutanan ini adalah alat berat. Salah satu contohnya dalam pekerjaan penebangan pohon. Pohon yang merupakan salah satu material yang paling dicari oleh masyarakat karena berbagai macam kegunaannya. Untuk memenuhi kebutuhan kayu yang meningkat ini akan sangat membutuhkan waktu yang lama jika dilakukan secara manual, karena manusia juga memiliki keterbatasan dalam tenaga. Melihat hal tersebut beberapa perusahaan seperti kami menyediakan sewa alat berat untuk pengerjaan seperti itu. Untuk mengetahui jenis alat berat apa saja yang dibutuhkan dalam pekerjaan kehutanan berikut kita jelaskan.

  • Feller Buncher

Alat berat Feller Buncher

Alat berat Feller Buncher ini adalah sebuah alat berat yang memiliki fungsi penebangan dan pengangkutan dalam satu alat yang sama. Dalam pengerjaannya untuk satu alat berat ini dapat menggantikan 10 hingga 15 orang dan mampu menebang dan mengangkut 200 batang pohon setiap jamnya. Jika kita bandingkan dengan pengerjaan manual hal tersebut tidak akan mungkin bisa. Alat ini juga biasa digunakan untuk menebang seluruh pohon atau hanya beberapa pohon di suatu lokasi. Selain digunakan untuk proyek penebangan hutan, alat ini juga bisa digunakan untuk membersihkan pepohonan di lahan yang akan digunakan untuk pembangunan.

  • Harvester

jenis alat berat kehutanan harvester

Harvester jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu mesin untuk memanen, dalam kehutanan alat ini memang digunakan untuk memanen. Akan tetapi karena di kehutanan alat ini dugunakan untuk memanen pohon. Jadi Forest Harvester ini adalah salah satu jenis alat berat yang digunakan untuk menebang batang pohon yang sudah tua dan cukup umur untuk ditebang. Alat berat ini diggunakan dalam pengerjaan penebangan cut-to-lenght (memotong batang pohon dengan panjang tertentu), delimbing, dan bucking pohon. Sebuah pemanen hutan biasanya digunakan bersama-sama dengan forwarder yang mengankut hasil tebangan pohon untuk pendaratan pinggir jalan.

  • Skidder

Alat Berat Skidder untuk Kehutanan

 

Skidder merupakan nama umum segala macam alat berat yang digunakan untuk penyaradan. Skidder ini berasal dari bahasa inggris, yaitu “skid” yang artinya menyorong. Skidder modern menggunakan traktor empat roda dengan mesin diesel turbocharged, winch dan baja, penjaga berbentuk corong di bagian belakang untuk melindungi roda. Operator dilindungi dari jatuh atau puing-puing terbang oleh kandang baja. Forwarders dapat mengangkut potongan-potongan kayu yang pendek dan kecil, tapi jika kayu dewasa harus menipis, skidder adalah salah satu dari beberapa pilihan untuk mengambil beberapa pohon. Selain itu skidder di perhutanan juga dapat digunakan untuk menarik tunggul pohon, mendorong pohon kecil, dan grading awal dari jalan logging yang dikenal sebagai “skid jalan”.