Alat Berat Scraper

Apa saja fungsi dan Kegunaan Alat Berat Scraper

 

alat berat Scaper

 

dutasaranarental.com- Kali ini kita membahas tentang salah satu alat yang digunakan pada pekerjaan penggalian tanah, alat tersebut adalah scraper. Pekerjaan yang dilakukan dengan alat ini yaitu menggaruk, mengangkut dan menabur tanah hasil dari pengerukan secara berlapis. Selain pekerjaan tersebut alat scraper ini juga memiliki fungsi dalam pengangkutan dengan jarak yang relative jauh (2000 m) pada tanah datar dengan penggerak roda ban (tire). Karena hal tersebut maka alat berat satu ini biasa disebut alat gali tanah.

Penggunaan alat ini banyak digunakan pada pertambangan terbuka dan memiliki beragam tipe. Karena itu, sebelum membeli atau menyewa alat ini di produsen alat berat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, dan agar alat berat ini sesuai dengan kebutuhan pembeli harus tahu dulu kebutuhan yang diperlukan seperti :

  1. Karakteristik material yang dikerjakan
  2. Kondisi permukaan jalan
  3. Jarak tempuh
  4. Alat bantu yang diperlukan

Bentuk scraper ini memiliki bentuk yang mirip dengan truk biasa, akan tetapi yang membedakannya yaitu bak bawah scraper dapat diturunkan dengan ujungnya berbentuk seperti bilah.