alat berat tambang bawah tanah

Alat Berat Bawah Tanah yang Digunakan di Area Pertambangan

dutasaranarental.com – Dalam area pertambangan hal paling utama dilakukan yaitu pengangkutan barang tambang yang dalam prosesnya adalah mengeluarkan hasil barang tambang keluar dari area pertambangan yang berada didalam tanah atau bwah tanah.  Untuk area pertambangan ini yang dibutuhkan alat bantu untuk bisa mengeluarkan barang tambang yang ada di dalam tanah terebut, beberapa dari alat yang dibutuhkan adalah alat berat. Alat berat yang digunakan ini adalah jenis alat berat bawah tanah.

Untuk itu berikut ini merupakan alat berat jenis bawah tanah yang digunakan  untuk  pertambangan :

  • Overshoot Loader

 

overshoot loader

 

Merupakan alat bantu muatan yang  cara kerjanya dengan mendorong bucket ke dalam tumpukan material hingga penuh. kemudian bucket diangkat ke belakang hingga melewati mesinnya dan menumpahkan muatan ke alat angkut yang berada di belakangnya tanpa memutar alat muat.

  • Gathering Arm Loader

Gathering mining loader

Gathering Arm Loader ini adalah alat berat yang sering digunakan pada pertambangan batu bara, pada bagian depan alat ini dilengkapi dengan  dengan alat penggumpal material yang bertumpuk kemudian didorong menuju belt conveyor yang berada dibelakang, selanjutnya ke alat angkut berikutnya, dilengkapi dengan klaurel dan digerakkan dengan tenaga listrik.

Untuk Sebuah alat berat jenis loader juga dikenal sebagai: loader bucket, loader depan, front end loader, payloader, loader sendok, sekop, lompat loader, dan atau wheel loader adalah jenis traktor, biasanya roda, kadang-kadang pada trek, yang memiliki sebuah front dipasang ember lebar persegi terhubung ke akhir dua booming (senjata) untuk mengangkat material dari tanah, seperti debu, pasir atau kerikil.

  • Scraper

scraper

Scraper merupakam jenis alat berat yang berfungsi untuk mengeruk, mengangkut, dan menabur tanah hasil pengerukan secara berlapis. Scraper dapat digunakan sebagai alat pengangkutan untuk jarak yang relatif jauh kurang lwbih 2000 m pada tanah datar dengan alat penggerak roda ban. Dalam pemilihan scraper untuk beberapa jenis pekerjaan ini tergantung pada Karakteristik material yang dioperasikan, Panjang jarak tempuh, Kondisi jalan, atau  juga alat bantu yang diperlukan.

Scraper umumnya digolongkan berdasarkan tipenya, scraper yang ditarik (towed scraper), scraper bermotor (motorized scraper) dan scraper yang mengisi sendiri (self loading scraper). Towed scraper umumnya ditarik crawler traktor dengan kekuatan mesin 300 hp atau lebih. Scraper jenis ini dapat menampung material sebanyak 8 – 30 m kubik.

  • Continuous Miner

 

Continuous Miner

Alat berat untuk bawah tanah berikutnya adalah continuous Miner, alat ini berfungsi untuk mengikir baru bara dari dinding di bawah tanah secara terus menerus (continuous). Mesin ini dilengkapi dengan drum besi besar bergerigi yang berputar selama alat dioperasikan. Kekuatan dalam alat ini bisa menambang sekitar 5 ton batu bara permenitnya. Jauh lebih besar dibandingkan dengan produksi yang dilakukan secara manual oleh pekerja tambang di tahun 1920-an yang harus melakukan penambangan selama seharian untuk dapat menambang sebanyak 5 ton.

 

  • Haul Truck Underground Mining

 

Haul Truck Underground Mining

Salah satu alat muat angkut tambang bawah tanah yang merupakan kombinasi front end loader dengan Dump Truck. Jenis dan mekanisme kerjanya hampir mirip dengan truck pada tambang terbuka tapi dalam bentuk yang lebih kecil. Karena hal tersebut disesuaiakan dengan daerah operasinya.