Alat Bantu Angkat Hand Stacker

hand stacker

Pengertian dan Jenis dari Hand Stacker

 

Alat Bantu Angkat Hand Stacker

dutasaranarental.com- Di zaman modern sekarang ini beberapa pekerjaan telah dimudahkan dengan peralatan-peralatan teknologi. Dalam perindustrian juga sudah banyak ditemukan peralatan-peralatan berteknologi tersebut untuk memperingankan pekerjaan. Seperti penggunaan Hand pallet ini atau bisa disebut juga Hand Forklit sudah tidak asing lagi. Alat ini merupakan alat bantu dengan sistem kerja hydraulis yang difungsikan dalam kegiatan pemindahan, pengangkatan dan penataan hasil produksi pada sebuah perusahaan.  Desain fork / garpu yang adjustable (dapat di atur kelebarannya) membuat alat angkut ini dapat dengan mudah digunakan untuk semua jenis pallet. Penggunaannya pun dinilai sangat efisien untuk memudahkan operator dalam hal pemindahan dan penataan barang di pabrik, pergudangan, toko, ekspedisi, dll.

Hand Stacker ini terdapat 3 jenis penggunaan sistem kerja hydroulis, yaitu dengan dioperasikan secara pemompaan manual pada saat menaik turunkan beban serta pemindahan beban di atas pallet kayu maupun plastik, dilakukan secara semi elektrik menggunakan tenaga listrik pada saat menaik turunkan fork dan secara manual pada saat memaju mundurkan alat, dan yang terakhir dilakukan secara full elektrik pada saat menaik-turunkan fork serta pada saat pemindahan atau memaju-mundurkan alat. Desain fork / garpu yang adjustable (dapat di atur kelebarannya) membuat alat angkut ini dapat dengan mudah digunakan untuk semua jenis pallet.

Berikut ini merupakan beberapa jenis hand stacker yang beredar di pasaran, antara lain yaitu :

  • Hand Stacker Manual, jenis ini menggunakan mekanisme cara kerja hydraulis yang dioperasikan menggunakan pemompaan secara manual pada saat pengangkatan garpu dan memaju mundurkan alat. Tersedia kapasitas 1 sampai 2 Ton. Dengan tinggi angkat 1,6 sampai 3 Meter.
  • Hand Stacker Semi Elektrik memiliki fungsi yang hampir sama dengan jenis hand stacker/forklift lainnya. Namun dalam pengoperasian, jenis hand stacker satu ini telah dilengkapi battery sebagai motor penggerak fork (garpu) agar dapat di naik-turunkan secara otomatis dalam proses memindahkan beban. Tersedia kapasitas 1 sampai 2 Ton. Dengan tinggi angkat 1,6 sampai 3,5 Meter.
  • Hand Stacker Elektrik, merupakan pengembangan terbaru dari semua jenis hand stacker, di mana dalam pengoperasian telah menggunakan daya battery secara full electric baik dalam mengangkat maupun memindahkan beban. Tersedia kapasitas 1 sampai 1,5 Ton. Dengan tinggi angkat 2,5 sampai 5 Meter.
  • Hand Stacker Straddle merupakan salah satu varian stacker dengan bentuk kaki yang lebih lebar dibandingkan dengan stacker standart lainnya.dengan kapasitas 1 Ton, 1,5 Ton, dan 2 Ton dengan tinggi angkat maksimal mulai dari 1,6 Meter, 2,5 Meter, dan 3 Meter.